Tiga Dokter Terancam Dipecat Alasannya Ialah Pakai Ikat Kepala #2019Gantipresiden, Warganet: Asal Solo Rasa Korea Utara!


[PORTAL-BERSAMA.WEB.ID]  Tiga dokter pakai ikat kepala #2019GantiPresiden jadi sorotan. Salah satunya dr Poncoroso SpOG MKes alias dokter PO, PNS di RSUD Ade M Djoen Sintang, Kalbar.

Dokter Poncoroso mengakui bahwa foto yang viral di media umum memakai ikat kepala #2019GantiPresiden seraya mengacungkan simbol dua jari itu memang benar dirinya.

Poncoroso mengatakan, tanggapan foto tersebut, ia telah dipanggil Bawaslu Sintang pada Rabu (30/1) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Saya dipanggil Bawaslu terkait foto yang viral itu. Kita sebagai warga negara yang baik, tentu patuh memenuhi permintaan itu untuk menunjukkan keterang,” ujarnya.

Dijelaskannya, ia sudah sudah memberikan semua keterangan ke Bawaslu. Tanpa ragu kepada Bawaslu mengakui memang benar foto itu dirinya.

“Saya kira memang tidak ada yang harus diklarifikasi, sebab memang itu foto saya,” katanya.

Namun dirinya tidak mengetahui siapa orang yang membuatkan foto-fotonya tersebut. Karena foto pribadinya saja dan sudah lama. Foto tersebut tidak untuk diumbar-umbar.

“Sebenarnya itu foto pribadi, saya juga tidak tahu kenapa dapat beredar di media sosial,” terperinci Poncoroso.

Sebenarnya foto tersebut merupakan aspirasi dirinya. Karena dirinya ingin ada perubahan. Terutama bagi tenaga kesehatan menyerupai dirinya.

“Sebagai warga negara, tentunya dari hati saya ingin ada perubahan,” terangnya.

Menurut Poncoroso, selama ini tidak ada solusi yang baik untuk ke depannya oleh pihak-pihak terkait. Terutama problem BPJS Kesehatan.

“Kalau dari kesehatan sendiri, sudah banyaklah carut marutnya. Termasuk kita di RSUD ini,” tuturnya.

Po tak menampik, sebagai seorang PNS memang dihentikan terlibat Pemilu. Untuk itu, dirinya siap dengan konsekuensi yang akan diterimanya nanti terkait foto itu.

Apakah sudah ada pemanggilan dari Pemkab Sintang atau Direktur RSUD Ade M Djoen terkait problem ini? Dikatakan, sejauh ini belum ada.

“Belum ada panggilan lain selain dari Bawaslu,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sintang, Fransiskus Ancis mengatakan, pihaknya telah melontarkan beberapa pertanyaan kepada yang bersangkutan. Seperti kapan foto diambil, di mana lokasinya dan siapa yang menyebarkannya.

“Yang bersangkutan dengan terperinci mengakui bahwa memang di dalam foto itu yaitu dirinya,” terangnya.

Fransiskus mengatakan, kemarin gres satu orang yang diundang untuk dimintai keterangan. Selanjutnya, Kamis 31 Januari 2019 dan Jumat 1 Februari 2019 akan diundang lagi masing-masing satu orang.

Bawaslu juga berencana akan mengundang pemilik akun yang mengunggah foto tersebut di Medsos.

“Karena legalisasi dari yang bersangkutan, bukan ia yang melakukannya,” katanya.

Tentu semua itu kata dia, dalam rangka pengumpulan data dan fakta. Sesuai tupoksi, pihaknya akan melaksanakan penelusuran yang mendalam dengan cara investigasi.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sintang, Palentinus mengatakan, dirinya tak dapat menunjukkan keputusan terkait hukuman apa yang akan diberikan terhadap tiga ASN RSUD Ade M Djoen tersebut.

Sanski untuk tiga dokter PNS itu akan dibahas tim penjatuhan disiplin.

“Bisa hukuman ringan, dapat sangsi berat,” ujarnya.

Palentinus menjelaskan, adapun hukuman ringan menyerupai teguran, penurunan pangkat, pembebasan dari jabatan, dan penundaan honor berkala.

“Kalau untuk hukuman beratnya yakni pemecatan sebagai ASN,” ucapnya.

Pemberian sanksi, sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 ihwal ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010.

“Jadi kita akan ikuti peraturan tersebut,” jelasnya.

Pihaknya, juga akan segera berkoordinasi dengan Bupati Sintang terkait langkah-langkah apa saja yang akan diambil ke depannya. Selain berkoordinasi dengan Bawaslu Sintang.

“Sejauh ini kita memang belum ada memanggil tiga ASN itu. Tapi tentu kita akan ikuti perkembangannya terus,” pungkas Palentinus.

Sumber: PojokSatu

Warganet pun ramai menanggapi gosip ini.

"Coba tes..besok 3 dokter tsb berpose 01..yakin ga bakal dipecat..tp bakal masuk gosip di media mainstream..dokter2 ahli nan pancasilais😆😆," cuit @NonaYenAje.

"Cuman pake aksesoris gitu aja mreka kejang2, padahal para dokter tsb profesionalisme tdk pandang bulu bantu siapapun," cuit @indratwitts.

"Yang honor kau siapa?" cuit @t4n_2015.

"Ngawur rs mana itu?" cuit @dr_gundi.
Tags : berita islam terpercaya, portal bersama news, berita 2019
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini
Tiga Dokter Terancam Dipecat Alasannya Ialah Pakai Ikat Kepala #2019Gantipresiden, Warganet: Asal Solo Rasa Korea Utara!