Respons Mui Soal Mbah Moen Salah Ucap Ketika Berdoa Bareng Jokowi


PORTAL-BERSAMA.WEB.ID - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi mengajak semua pihak menghentikan polemik ihwal KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen salah ucap ketika berdoa bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Zainut, kesalahan ucap tersebut sangat manusiawi dan tidak mengurangi maksud yang terkandung dalam doa Mbah Moen.

"Hanya Allah yang mahatahu hati setiap hamba-Nya yang berdoa dan menjawab sesuai dengan maksud permohonannya," ujar Zainut melalui pernyataan tertulisnya, Senin (4/2).

Selain itu Zainut juga meminta seluruh masyarakat berbagi perilaku berbaik sangka atau husnuzan dan pemahaman yang baik (husnu at-tafahum) terhadap hal-hal yang bekerjasama dengan duduk perkara ritual keagamaan menyerupai doa. Harapannya, hal itu demi menghindari kesalahpahaman, polemik, dan politisasi agama yang menjurus SARA.

Zainut juga mengingatkan semua pihak tidak mengakibatkan ritual keagamaan termasuk doa sebagai materi olok-olok dan olok-olokan untuk kepentingan politik praktis. Sebab, perbuatan itu jauh dari watak Islam dan tidak mencerminkan sebagai insan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan, kesantunan dan keadaban dalam beragama.

"Doa dalam pedoman agama menempati kawasan yang sangat khusus dan mempunyai nilai ritual keagamaan yang sangat tinggi, alasannya ialah doa mengandung nilai-nilai transendental yang eksklusif bekerjasama dengan Sang Khalik, Tuhan Yang Maha Esa," tuturnya. [JP]

Tags : berita islam terpercaya, portal bersama news, berita 2019
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini
Respons Mui Soal Mbah Moen Salah Ucap Ketika Berdoa Bareng Jokowi