Mantan Pendukung Joko Widodo Yang Tobat Dan Jadi Oposisi Nelly Rosa Yulhiana Siringo Ringo Divonis 1 Tahun Penjara


NELLY DIVONIS KARENA TUDUHAN MELAKUKAN ILEGAL ACCESS TERHADAP AKUN MILIKNYA SENDIRI. APAKAH INI SALAH SATU BENTUK DAGELAN HUKUM..?

by Agi Betha

Belum usang ini saya bertemu mbak Nelly Rosa Yulhiana Siringo Ringo di sebuah acara. Dia minta didoakan biar berpengaruh dan sabar menghadapi kasus hukumnya.

Secara singkat ia menceritakan bahwa yang ia hadapi yaitu dituduh telah melaksanakan jalan masuk secara ilegal terhadap sebuah akun. Ajaibnya akun tersebut yaitu akun facebook yang dibuatnya sendiri dan menjadi miliknya selama ini.

Menurut mbak Nelly, ia kemudian gres tahu bahwa akun tsb ternyata telah disita, tapi tanpa sepengetahuan dan tanpa izinnya. Dalam persidangan hari ini PN Jakarta Selatan memvonis 1 tahun dan mbak Nelly eksklusif mengajukan banding.

Siapapun yang pernah bertemu dan mengenal dirinya, tahu bahwa mbak Nelly yaitu sosok wanita yang tegas, ceria, keras memegang prinsip alasannya yaitu merasa benar, tak gentar terhadap ancaman, amat menghargai keberagaman, dan mempunyai perkawanan luas lintas agama dan etnis.

'Kelemahan' mbak Nelly hanya satu, yaitu ia mantan anggota JASMEV (pendukung Jokowi-Ahok) yang tobat. Dia pernah bercerita, bahwa ia yaitu pendukung Jokowi yang kemudian tersadarkan diri. Ia menyatakan mengalami sendiri bagaimana rasanya menelan kesepakatan Jokowi yang diucapkan secara pribadi dikala kampanye dulu, dan alhasil zonk. Dan 'buruknya' lagi, mbak Nelly berani mengungkapkan pengalamannya, menyuarakan pendapatnya bersama oposisi, dan kadang bertutur kelewat keras membela Islam yang bukan agamanya.

Melihat jatuh bangunnya mbak Nelly menghadapi aneka macam tuduhan kepada dirinya selama ini, terang terlihat bahwa usaha menjadi aktifis memang selalu berat. Tapi tanyakan kepada mereka: Apakah kepedihan yang dirasakan dikala ini setara dengan alhasil kelak..?

Maka sanggup dipastikan, hampir 100% aktifis di masa rezim Mukidi akan selalu menjawab: "Tidak ada bahan maupun jabatan yang dijanjikan kepada kami. Bahkan kami tahu bahwa persekusi dan penjara yaitu resiko yang harus dihadapi. Tapi ini semua harus dilakukan, alasannya yaitu masa depan kehidupan keturunan kami bergantung kepada usaha kami kini. Perjuangan ini setara dengan keadilan yang akan diterima anak cucu kelak, meski dikala itu kami sudah mati dan tidak sanggup ikut menikmati."

[Rabu, 6 Feb 2019]
Nelly Divonis 1 Tahun Penjara Dengan Tuduhan Ilegal Akses

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis 1 tahun penjara kepada penggagas Nelly Rosa Yulhiana Siringo Ringo, sesudah sebelumnya menjalani eksekusi alasannya yaitu dakwaan dengan kasus yang sama.

"Menyatakan Nelly Rosa Yulhiana Siringo Ringo telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melaksanakan tindak pidana ilegal akses," kata Hakim Ketua Wirjono Prodjodikoro ketika membacakan vonis di PN Jaksel, Rabu (6/2/2019).

Nelly yang mendengarkan vonis secara seksama mengaku akan mengajukan banding. Dia merasa, tuduhan yang disematkan kepada dirinya itu tidak tepat.

"Kita melaksanakan banding dengan putusan majelis hakim," kata Nelly yang ditemani oleh kuasa hukumnya dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).

Nelly mempertanyakan alasan ilegal jalan masuk yang disematkan kepada dirinya itu. Karena akun yang dikala ini disita oleh kepolisian itu miliknya.

"Ilegal jalan masuk itu kan maksudnya ilegal terhadap milik orang lain, inikan milik saya sendiri," kata Nelly.

Menurut dia, perilaku polisi yang otoriter menyita akunnya itu tidak mencerminkan sebagai penegak hukum.

"Harusnya kan minta izin dulu, gres dilakukan penyitaan, inikan gak ada izin, dianggap eksklusif bahwa itu yaitu milik dari polisi. Ini negara apa, kalau negara aturan ya ada prosesnya semua," tandas Nelly.

Dalam kasus ini, Nelly dikenakan Pasal UU ITE Pasal 30 UU ITE tahun 2008 ayat 3, dimana setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan aturan mengakses computer dan/atau system elektronik dengan cara apapun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol system pengaman (cracking, hacking, illegal access).

Link: Penuturan Nelly Rosa Yulhiana Siringo-ringo, Nasib Oposisi Yang Dijerat 3 Kasus UU ITE)


Tags : berita islam terpercaya, portal bersama news, berita 2019
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini
Mantan Pendukung Joko Widodo Yang Tobat Dan Jadi Oposisi Nelly Rosa Yulhiana Siringo Ringo Divonis 1 Tahun Penjara