Panglima Tni: Warga Papua Minta Apa Kita Penuhi, Asal Jangan Merdeka


PORTAL-BERSAMA.WEB.ID - Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, untuk mengatasi gejolak kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB), Tentara Nasional Indonesia tidak hanya memakai operasi tempur, tapi juga melaksanakan pendekatan khusus untuk mengurangi jatuhnya korban jiwa.

Beberapa operasi di luar operasi tempur ialah operasi psikologi dan juga operasi teritorial. Operasi pendekatan dengan cara yang lebih lunak.

"Itu yang akan kita gelar di sana, sehingga rakyat Papua dikala melihat Tentara Nasional Indonesia berbaju loreng turun di lapangan mereka tidak ketakutan. Mereka akan welcome kepada kita, sehingga operasi yang akan kita gelar itu majemuk untuk mengurangi operasi tempur tadi," kata Hadi di Mabes Tentara Nasional Indonesia Cilangkap, Kamis, 31 Januari 2019.

Hadi berharap, dari beberapa operasi tersebut, masyarakat Papua, khususnya KKSB, sadar untuk bersatu. Bahkan Hadi juga akan mengabulkan apa pun yang diinginkan oleh masyarakat Papua.

"Apa sih harapan mereka? Akan kita wadahi. Yang penting asal jangan harapan merdeka, itu saja. Keinginan yang lain akan kita penuhi," ujar Hadi.


Hadi mengerti apabila masyarakat Papua mempunyai sejumlah keinginan. Seperti salah satunya ialah melibatkan tenaga kerja lokal dalam pembangunan Trans Papua. Tentara Nasional Indonesia akan berbicara dengan kepala suku di sana dan menyerap aspirasi warga Papua.

Bahkan Hadi menyampaikan akan bekerja sama dengan BUMN dan Kementerian PUPR semoga masyarakat Papua sanggup dilibatkan dalam pembangunan Trans Papua tersebut.

"Mungkin harapan mereka bahwa absorpsi tenaga kerja untuk pembangunan Trans Papua dari lokal, kita akan penuhi. Kita akan bicara dengan kepala suku di sana dan akan kita serap semuanya," ujarnya. [viva]

Tags : berita islam terpercaya, portal bersama news, berita 2019
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini
Panglima Tni: Warga Papua Minta Apa Kita Penuhi, Asal Jangan Merdeka