Bukunya Disita Tni, Budiman Sudjatmiko: Ada Unsur Orba Salahgunakan Aparat


PORTAL-BERSAMA.WEB.ID -  Buku goresan pena politikus PDIP Budiman Sudjatmiko yang berjudul 'Anak-anak Revolusi' turut disita pegawanegeri campuran Tentara Nasional Indonesia dan Kejaksaan Padang. Aparat menganggap buku itu mengandung unsur 'PKI'.

"Buku aku menceritakan usaha melawan Orde Baru, wacana usaha aku dengan teman-teman saya, dengan generasi teman-teman aku dalam menumbangkan, usaha melawan Orde Baru. Kalau usaha melawan Orde Baru dianggap PKI, ini berarti ada unsur Orde Baru yang menyalahgunakan aparatur ini untuk mendelegitimasi usaha melawan Orde Baru, untuk mendukung Orde Baru mau bangkit," kata Budiman ketika berbincang dengan detikcom, Kamis (10/1/2019).

Menurut Budiman, kiprah Tentara Nasional Indonesia bukanlah menyita buku melainkan menjaga pertahanan negara. Selain itu berdasarkan dia, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto juga menyatakan tak ada indikasi kebangkitan PKI. Budiman sendiri belum menerima konfirmasi soal bukunya disita.

"Kalau alasannya yaitu menyita buku itu yaitu kebangkitan PKI, Panglima Tentara Nasional Indonesia Pak Hadi Tjahjanto menyatakan tak ada indikasi kebangkitan PKI," ujar Budiman.

Buku 'Anak-anak Revolusi' ditulis oleh Budiman layaknya sebuah novel. Buku itu gotong royong menceritakan pula wacana dirinya semasa kecil sampai berjuang melawan rezim Orde Baru.

Pada buku itu juga ditulis mengenai insiden 27 Juli 1996 ketika pendukung Megawati Soekarnoputri ditangkap pada masa pemerintahan Orde Baru. Budiman dan kawan-kawannya juga ikut ditangkap kala itu.

"TNI yaitu alatnya bangsa Indonesia, alatnya negara Indonesia, bukan alat kekuatan politik tertentu yang lalu menganggap bahwa usaha anti Orde Baru yang aku tulis itu dianggap sebagai PKI. Itu kan cara-cara Orba dalam menindas dan melindas perlawanan terhadapnya," ungkap Budiman. [dtk]

Tags : berita islam terpercaya, portal bersama news, berita 2019
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini
Bukunya Disita Tni, Budiman Sudjatmiko: Ada Unsur Orba Salahgunakan Aparat